Permasalahan
di sektor Telematika yang belum teratasi yaitu rendahnya infrastruktur
jaringan telekomunikasi, rendahnya penetrasi Internet, pasar yang masih
dikuasai oleh pelaku dominan, masih relatif rendahnya kontribusi sektor
telematika terhadap pendapatan nasional, makin terbukanya entry barrier
bagi produk dan jasa asing untuk masuk ke Indonesia, sementara produk
dan jasa Indonesia dibidang telematika yang diekspor ke luar negeri
masih rendah dan seringkali tidak mampu bersaing di pasar global.
Beberapa
isu bisnis di bidang Telematika lain yang mewarnai sepanjang tahun 2002
hingga pertengahan 2006 antara lain munculnya layanan akses Internet
yang diselenggarakan oleh Telkom (Telkomnet Instant) yang dianggap
sebagai persaingan tidak sehat oleh pemilik dan pengelola perusahaan
Internet Service Provider (ISP), munculnya Telkom Flexi yang disusul
Indosat dengan StarOne, runtuhnya bisnis Voice over Internet Protocol
(VoIP), masih kuatnya pengaruh pelaku dominan dalam layanan jasa
telekomunikasi dan E-Commerce dan E-Business yang tidak berkembang.
Kesimpulan :
Pada permasalahan di atas yaitu dengan masalah rendahnya infrastruktur jaringan telekomunikasi, rendahnya penetrasi internet, dan pasar yang dikuasi lebih oleh pelaku dominan. Khususnya harus di perhatikan oleh pemerintah, untuk pengelolaan telematika yang belum memadai. Diperlukannya lagi bimbingan, inovasi, penjelasan, turut campur pemerintahan dari pemerintah yang ditujukan khusus untuk masyarakat. Bagaimanapun ini akan sangat membantu masyarakat apabila tersedianya bantuan dari pemerintah tentang infrastruktur jaringan telekomunikasi yang berkembang.
Sumber : http://blogrestuardila.blogspot.com/2015/01/tugas-pengantar-telematika-softskill.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar